oleh

Tingkatkan Wawasan KIM, Diskominfo dan Sandi Mamuju Tangkal Informasi yang Tidak Benar

MAMUJU, INIKATA.com — Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di setiap desa yang difasilitasi pembentukannya melalui Dinas Informasi, Komunikasi dan Persandian (DisKominfoSandi) Kabupaten Mamuju diharap mampu memperkuat penyebaran informasi dan menangkal informasi yang tidak benar atau hoaks.

Guna meningkatkan kapasitas pengetahuan dan wawasan pengurus KIM. Diskominfo dan sandi Mamuju menggelar Pelatihan dan Pembinaan KIM yang dilaksanakan di Kantor Camat Kalukku, Jumat (12/10/2018).

Kepala Bidang Sarana dan Diseminasi Informasi, Diskominfo Sandi Mamuju, Ita Sari Darmawati mengungkapkan kegiatan tersebut dibuat agar para pengurus KIM yang telah terbentuk dapat dengan cepat menyusun informasi-informasi yang didapatkan untuk kemudian disebar ke masyarakat.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, kami harapkan para pengurus KIM dapat menerapkan ilmu yang sudah didapat. Jurnalistik atau penyusunan berita ini erat kaitannya dengan tugas KIM sebagai penyampai informasi ke masyarakat,” ungkap Ita Sari Darmawati

Selain menggelar pelatihan dasar-dasar Jurnalistik bagi pengurus KIM, Diskominfo juga mengadakan sosialisasi mengenai kiat-kiat Wirausaha bagi pengurus KIM yang ada di Kecamatan Kalukku. Selain meningkatkan perekonomian, hal ini dimaksudkan agar para Pengurus KIM dapat lebih Mandiri dalam menjalankan aktivitasnya.

Salah satu pengurus KIM Desa Buliling, Marianus mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Diskominfo Mamuju tersebut. Ia pun berharap kegiatan serupa bisa secara lanjut diadakan di Kecamatan Kalukku.

“Saya selaku KIM Desa Buliling sangat Mengapresiasi kegiatan ini, ini kali pertama saya mengikuti pelatihan dasar jurnalistik, dan ini penting untuk bagaimana kami selaku KIM dapat dengan cepat membuat berita untuk kemudian disebarluaskan ke Masyarakat,” ungkap Marten.

Senada dengan para Pengurus KIM, Sekertaris Kantor Camat Kalukku, Suyitno sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan di kecamatannya tersebut. Mewakili Pemerintah Kecamatan Ia berharap para Pengurus KIM dapat segera menfaplikasikan ilmu yang telah didapatkan.

“Kami dari Pemerintah Kecamatan sangat mengapresiasi kegiatan ini, khususnya pada pelatihan dasar-dasar pembuatan berita atau jurnalistik, ini mungkin kali pertama yang dilaksanakan di Kalukku ini, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat terutama bagi pengurus KIM.

Di samping itu juga kami harapkan dengan keterlibatan dan keaktifan KIM ini dapat menangkal Informasi Hoax yang beredar di kecamatan Kalukku nanti,” papar Sekcam Kalukku. (Inikata/Fajar group)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed