oleh

Ambruk, Pengerjaan Proyek Lapangan Andi Nyiwi Menuai Kritikan

BERITASULBAR.com– Pembangunan Proyek Lapangan Andi Nyiwi tahap 1 dengan anggaran sebanyak 7,3 Miliar tiba-tiba ambruk pada saat proses pengerjaan cor plat, Senin (8/10/2018) lalu.

Proyek Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga, menggunakan anggaran APBD 2018 Luwu Timur.

Sebelumnya, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) menjelaskan penyebab ambruknya cor plat pada saat pengerjaan bukan karena scaffolding atau tiang penyanggah yang patah, namun tanah tempat dudukan scaffcoliding tersebut yang labil tidak mampu menahan beban.

Menanggapi hal itu, Erwin R Sandi, sebagai pemerhati Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (PBJP) mengatakan. “Penjelasan PPK penyebabnya bukan karena tiang penyanggah, solusinya meminta rekanan menambah tiang penyanggah, saya yang bego memahami atau bagaimana ya,” kata Erwin, Rabu (10/10/2018)

Erwin juga menambahkan, ambruknya cor plat lapangan Andi Nyiwi tidak lepas dari proses PBJP proyek tersebut.

“Kemana para tenaga ahli, apakah langkah-langkah yang mereka lakukan sudah benar atau tenaga ahli yang diajukan saat proses lelang hanya tenaga fiktif belaka. Sertifikat ada, tapi pemilik sertifikat tidak jelas, apa langkah-langkah DPRD Luwu Timur menyikapi masalah ini, mari kita tunggu,” tambahnya.

Proyek yang berlokasi di Kelurahan Malili, Kecamatan Malili, Luwu Timur, mulai dikerjakan sementara berjalan dengan tanggal kontrak 29 Juni 2018 dengan jangka waktu pelaksanaan 180 hari kalender yaitu dari 29 Juni-25 Desember 2018.

“Saya menunggu gebrakan anggota DPRD kita apa langkah-langkah mereka terkait persoalan ini. Karena persoalan ini tidak bisa lepas dari proses PBJP proyek ini, yang perlu diketahui apakah tenaga teknis yang diajukan saat proses lelang benar ada dan bekerja dilapangan ataukah hanya sertifikat saja tanpa jelas orangnya ada apa tidak, apakah PPK melakukan gelar personil sebelum penandatanganan kontrak, selamat pak Dewan usut persoalan ini,” tegas Erwin.

Sekedar untuk diketahui, proyek pembangunan Lapangan Andi Nyiwi dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Buana Perdana Mandiri dan konsultan perencana adalah Mallomo Engineering Consultant. (RIL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *